Universitas Surabaya Maju Terus: Hormatilah orang yang TIDAK berpuasa

Kamis, 02 September 2010

Hormatilah orang yang TIDAK berpuasa

Sekilas slogan atau judul di atas terkesan nyeleneh dan tidak umum. Hal ini karena di banyak tempat di seluruh pelosok Indonesia (yang mayoritas penduduknya beragama Islam), kalangan yang tidak berpuasa 'dipaksa' supaya menghormati orang yang berpuasa.
Warung makan atau restoran kadang dipaksa menutup usahanya pada siang hari, kalaupun diperbolehkan buka, maka warung makan atau restoran itu diharuskan memakai tirai agar tidak terlihat dari luar. Dan tirai itu pun bukan dimaksudkan agar orang Islam yang tidak berpuasa bisa aman makan di siang hari, tapi agar orang Islam yang berpuasa tidak ngiler melihat orang yang makan di siang hari.

Slogan yang sering digunakan adalah 'toleransi', orang yang tidak berpuasa 'diwajibkan' toleran kepada yang berpuasa. Padahal apakah benar ummat Islam yang berpuasa perlu dilindungi seperti itu?. Berpuasa itu diwajibkan kepada orang-orang yang beriman, bukan pada yang tidak beriman. Jadi tidak ada kewajiban bagi orang-orang yang tidak beriman walaupun bila ia beragama Islam untuk berpuasa. Lagipula ummat Islam yang berpuasa tidak akan membatalkan puasanya hanya karena melihat orang makan minum di siang hari. Bahkan ditawari makanan enak-enak di depan hidungnya pun tidak semudah itu seorang muslim membatalkan puasanya. Jadi untuk apa memarahi orang yang makan minum di siang hari bahkan memaksa mereka menghormati orang yang berpuasa? Bukankah itu berarti menertawakan diri sendiri yang tidak tahan terhadap godaan kecil seperti itu. Bukankah hal itu juga malahan semakin menunjukkan ketidak ikhlasan kita dalam menjalankan ibadah puasa sehingga iri hati dan dengki terhadap orang lain yang makan minum dengan bebas di siang hari.

Karena itu marilah kita ubah paradigma berpikir kita yang sering menganggap diri kita dan ummat Islam lain yang berpuasa sebagai pihak yang harus dikasihani dan dilindungi. Karena puasa bukanlah beban bagi seorang muslim, melainkan sebuah kegembiraan. Sehingga justru yang berpuasalah yang harusnya toleran kepada yang tidak berpuasa dengan memberi mereka hak untuk makan dan minum di siang hari secara bebas. Tidak patut bagi kita untuk merasa terganggu dengan hal itu. Bahkan bila ada seorang muslim yang tidak berpuasa maka justru dialah yang perlu dikasihani. Jadi jangan iri dengan yang tidak berpuasa, mereka yang harusnya iri kepada kita..

Post by : Universitas Surabaya Maju Terus 


sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5023855

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Sitemap Increase Google Page Rank Technology Blogs